Home » , » Selesai UN, Siswa SMP N 4 Sukoharjo Sujud Syukur

Selesai UN, Siswa SMP N 4 Sukoharjo Sujud Syukur

Written By Waluyo Al-Fadhil on Minggu, 04 November 2012 | 03.38


 

Sebanyak 242 siswa SMPN 4 Sukoharjo melakukan sujud syukur karena ujian nasional (UN) telah selesai. Sementara itu beberapa siswa tak kuasa menahan emosi dan saling berpelukan seraya menangis seusai melakukan sujud syukur tiga kali.

“Kami terharu karena teringat kesalahan-kesalahan yang kami buat selama tiga tahun terakhir ini, baik kepada orangtua maupun kepada guru. Selain itu kami juga bersedih karena sehentar lagi akan berpisah dengan teman-teman yang telah sekian lama bersama-sama menuntut ilmu bersama di sini,” ungkap salah seorang siswa putri, Alfiatun sambil terisak ketika ditemui seusai sujud syukur di lapangan SMPN 4 Sukoharjo, Kamis (26/4/2012).

Dia mengakui kendati sementara ini perasaan hatinya sudah plong karena sebagain beban berat yang dipikulnya terkurangi, dia akan menghadapi problem berat mencari sekolah baru. Sebab dia harus berburu sekolah yang diperkirakan harus bersaing ketat dengan siswa dari berbagai sekolah lainnya.

Rasa syukur juga diutarakan salah seorang siwa putri lainnya Sefiana Tri F. Sambil mengusap air matanya yang terurai, dia mengaku lega telah menyelesaikan UN. Bahkan dia optimistis lulus sekolah setelah menempuh UN yang dinilai cukup berat. “Materi UN memang cukup sulit, semoga saja saya bisa lulus karena saya merasa bisa mengerjakan soal-soal ujian,” terang dia sambil mengusap air mata.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 4 Sukoharjo, Bambang Eko Putro mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bentuk rasa syukur pada Tuhan sebab tugas berat UN telah selesai. Karena itu kegiatan yang digelar di lapangan sekolah tersebut juga melibatkan para guru dan kepala sekolah. Dia berharap tahun ini sebanyak 242 siswanya yang ikut UN bisa lulus
semua, paling tidak mampu mengulang prestasi kelulusan tahun lalu yaitu 100%. Selain itu jika tahun lalu sekolahnya berada di peringkat 18, tahun ini berharap mampu menembus 15 besar dari seluruh SMP yang ada di Sukoharjo.

“Kami mendoakan anak-anak bisa lulus semua. Selain itu kami juga berharap anak-anak bisa mendapat sekolah lanjutan seperti yang mereka harapkan,” terang dia. Lebih lanjut dia menyatakan rasa syukurnya menyusul lancar dan amannya penyelenggaraan UN SMPN 4. Bahkan hingga selesainya penyelnggaraan UN hari terakhir kemarin dia mengaku tak mendengar adabya kebocoran soal yang diujikan.

Pada bagian lain suasana sujud syukur yang dilakukan tiga kali berlangsung khidmad. Seusai sujud syukur, para siswa bersalam-salaman dengan para guru dan kepala sekolah. Beberapa di antara mereka tak kuasa menahan air mata dan menangis. Seusai bersalam-salaman mereka meluapkan kegembiraan dengan melemparkan tas mereka ke angkasa. “Silakan lemparkan tas masing-masing ke udara agar rasa penat dan beban kalian hilang atau terkurangi,” ujar Ketua Museum Rekor Sukoharjo (Muresko), A Bomo “Kokor” Wijanarko yang memrakarsai acara itu saat memberi aba-aba.
Silakan share artikel ini :
 
Support : Waluyo Al-Fadhil | AyoBelajarNgaji.Com
Copyright © 2013. Website SMP Negeri 4 Sukoharjo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger